Mengukur Tinggi Badan Menggunakan Sensor Ultrasonic dan Arduino

selamat datan sobat blogger, pernah dapat tugas kuliah membuat alat instrumentasi pengukuran, yaitu mengukur tinggi badan, pada saat itu komponen yang disediakan adalah mikrokontroler atmega16, lcd 16x2 dan sensor ultrasonic hy-srf05, begitu juga source codenya sudah di sediakan, bahasa yang digunakan bahasa c (cvavr), berhubungan saya orangnya suka berkreasi, jadi saya buat ulang diarduino dan saya buat supaya bisa di atur ketinggiannya, tanpa program ulang, tapi untuk postingan kali ini program saya buat ideal, tinggi sensor dan program sudah ketetapan tidak dapat di rubah melalui tombol atau semacamnya.

untuk percobaan kali ini hal yang di perlukan
1. berdoa (supaya diberikan kelancaraan oleh Allah)
2. arduino uno (optional)
3. lcd i2c (optional)
4. hc-sr04 (optional)
keterangan diatas yang optional dapat diganti dengan jenis dan tipe yang lain, postingan ini sebenarnya pengembangan dari postingan sebelumnya, dan sebelum membuat program kita harus memahami konsep alat terlebih dahulu


seperti pada di gambar yang seperti orang-orangan sawah, harus terlebih dahulu tau jarak antara sensor dengan permukaan/alas/tanah, baru bisa di dapatkan hasil pengukuran tinggi badan, untuk contoh kali ini saya menggunakan nilai 200cm untuk tinggi antara sensor ultrasonic dengan permukaan.

dapat di simpulkan rumus yang di gunakan

Hasil Tinggi Badan = Jarak Sensor Dengan Permukaan - Jarak Sensor Yang Terhalang (Jarak Deteksi)

Hasil Tinggi Badan = 200cm - Jarak Sensor Yang Terhalang (Jarak Deteksi)

ketika sudah tau konsepnya, baru deh diprogram, dan berikut hasil dari percobaan saya,



yaa berhubungan tidak punya sesuatu yang bisa untuk menggantung alatnya, jadi seadanya deh.hehe sekian untuk postingan kali ini, saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung

Password ganyang-angkara.blogspot.com

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*