Menggunakan Banyak Tombol Dengan 1 Pin Berbasis Atmega16 Bascom

selamat datang sobat blogger, semoga tidak bosen untuk terus megunjungi blog ini, dan semoga blog ini dapat meginspirasi sahabat blogger untuk terus berkreasi, postingan kali ini yaitu "Menggunakan Banyak Tombol Dengan 1 Pin Berbasis Atmega16 BASCOM" judul yang agak panjang, yaaa memang agak susah menentukan judul untuk saya pribadi, semoga aja bisa dipahami dari judulnya. postingan ini sebenarnya bukan hal yang baru, mungkin sudah ada di google, hanya saja saya ingin mengulas kembali menggunakan BASCOM, ide ini saya dapat ketika kaka kelas sedang melaksanakan tugas akhir meggunakan arduino, di arduino hanya mempunyai pin yang terbatas, dan sedangkan masih harus menambah beberapa tombol, yaa begitulah awal mula saya tau program alurnya.

pada dasarnya pemrograman ini menggunakan pin analog to digital converter (adc), jadi memerlukan beberapa tombol dan resistor untuk bisa dilakukan, dalam hal ini saya membuat 2 cara pemasangan komponen-komponennya, mungkin di google ada caranya sendiri, so ini merupakan versi saya,

berikut skematik dalam simulasi proteus, perlu diingat skematik dalam blog ini hanya bersifat simulasi, jika di aplikasikan ke real masih membutuhkan komponen tambahan

cara pemasangan pertama :


dan cara kedua

cara pertama dan kedua mempunyai beberapa kelemahan dan kelebihan, secara garis besar yang saya simpulkan adalah :

cara pertama:
- resistor yang digunakan resistansinya boleh sama dengan yang lain
- tidak dapat menekan tombol berbarengan, yang dominan adalah nilai adc yang tertinggi
- untuk mendapatkan value adc cukup mudah, karena menggunakan resistor yang sama, bisa melalui hitung-hitungan rumus,
- toleransi mudah ditentukan antar tombol yang cukup jauh jika menggunakan resistor yang sama

cara kedua
- resistor yang digunakan resistansinya harus berbeda tidak boleh sama
- dapat menekan tombol berbarengan, tetapi akan menghasilkan value adc yang berbeda
- untuk mendapatkan value adc bisa di bilang cukup rumit, bisa dibilang mudah, mudah karena dapat di hitung dengan rumus, jika berbarengan harus menggunakan rumus resistor pararel, yaaa untuk mudahnya menggunakan voltmeter untuk tau tegangan adcnya setelah itu masukan rumus untuk mendapatkan value adc.
- toleransi antar tombol sedikit sulit di tentukan, karena penggunaan resistor yang berbeda

dalam percobaan di atas, cara pertama dapat di hubungkan di tegangan 4.7v - 5v karena dalam programnya saya sudah masukan toleransi adc, dan untuk cara kedua saya hanya menggunakan tegangan ideal yaitu 5v

jika ada masukan tentang postigan ini dari sahabat blogger saya sangat berterimakasih, dan sekian untuk postingan kali ini
Password ganyang-angkara.blogspot.com

semoga bermanfaat bagi agan-agan..
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*