ESP8266 LED Server

masih mengenai esp8266, postingan sebelumnya mengenai web server menggunakan esp8266 hanya menampilkan informasi, dan bagaimana jika web server tersebut di jadikan sebagai pengontrol, apa bisa ? ya tentu bisa, selama mengerti alur kerja esp8266 dan web server. postingan kali ini akan membahas mengontrol led melalui server (web server local).

cara ini saya dapat dari instructable - Arduino Led Server (http://www.instructables.com/id/Arduino-Led-Server/), dalam situs tersebut menggunakan arduino dan ethernet shield, dan karena saya tidak punya ethernet shield dikarenakan sudah di jual ke teman jadi pakai esp8266, secara struktur/alur program sama antara ethernet dan esp8266, yang membedakan media jalurnya, ethernet via kabel dan esp8266 via nirkabel.
seperti biasa ilmu ATM diterapkan, perlu beberapa penyesuaian dari situs tersebut, pada contoh kali ini saya hanya menggunakan 4 led saja, pada saat percobaan ada beberapa kendala, seperti respon web server terhadap led yang tidak begitu cepat, saya sendiri belum tau apa penyebabnya, tetapi dari pengalaman yang pernah saya lakukan, mungkin karena faktor esp8266 wifi (nirkabel), harus terhubung dengan network, jarak dan penghalang seperti dinding sebagai penyebab respon lama, beda halnya dengan ethernet shield, yang menggunakan kabel, transmisinya lebih cepat, karena tidak ada penghalang, walaupun responnya bisa lama juga, tapi tidak selama esp8266, #ini menurut saya saja, mungkin sebagian sobat blogger lebih paham akan hal ini

dan berikut video esp8266 led server (led controller)


seperti yang sudah dikatakan tadi terjadi koneksi lambat/slow connection 

cukup sekian postingan kali ini jangan lupa ucapkan alhamdulillah, dan saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung

Download http://adf.ly/1ahRde
Password ganyang-angkara.blogspot.com

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*

*..saya berterimakasih jika sobat blogger mau meninggalkan pesan..*