Deteksi Warna Menggunakan TCS3200, Arduino Dan Aplikasi Android

selamat datang sobat blogger, semoga masih setia dengan blog ini, postingan kali ini saya buat karena berhubungan dengan Tugas Akhir Kuliah saya, menggunakan sensor warna TCS3200, cara kerja sensor ini yaitu mengambil warna dari sinar pantulan dan di terima oleh sensor sinar tersebut, pengambilan warna berdasarkan warna merah, hijau dan biru, atau dapat disimpulkan mengambil warna berdasarkan RGB (Red, Green, Blue).

sempet bingung cara pemakaiannya, mencoba berbagai sumber dari google, namun belum ada yang pas, pada saat pengambilan data sensor dan dibandingkan dengan warna sebenarnya tidak sesuai (data sensor di coba menggunakan bantuan software pembacaan warna rgb, ya seperti contoh photoshop, coreldraw, atau microsoft word), dan alhamdulillah, suatu ketika saya menemukan situs yang membahas tentang tcs3200, situs tersebut yaitu Detection of color with Arduino and mobile Application (http://www.electroingenio.com/arduino-en/detection-of-color-with-arduino-and-mobile-application/),dan pas saya coba hampir sesuai, yaaa memang ada beberapa faktor yang membuat tidak terlalu presisi dalam pembacaan warnanya, seperti contoh jarak pembacaan, posisi pembacaan, dan sinar dari luar yang dapat mengganggu proses pembacaan sensor, mungkin ada beberapa faktor lain yang tidak saya ketahuin, tapi cara yang saya ambil dari situs tersebut bisa dibilang 90% sudah presisi #menurut saya, tinggal cari faktornya error dan mungkin bisa presisi secara maksimal pembacaan warnanya.
dalam situs tersebut aplikasi android dibuat dari program MIT App Inventor, MIT App Inventor merupakan program berbasis web, ada yang online dan ada yang offline, dikarenakan saya tidak terlalu paham penggunaan program tersebut, jadi saya buat aplikasi android yang fungsinya hampir sama dengan itu menggunakan basic4android, seperti biasa ilmu dari guru saya, saya gunakan, ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).hehe 


dan berikut video hasil percobaan saya


saat melakukan tes menggunakan samsung galaxy tab 2 p3100 dengan os android 4.1.2

Alhamdulillah karena situs tersebut saya juga dapat melanjutkan tugas akhir kuliah saya,

dan cukup sekian postingan kali ini, saya ucapkan terimakasih sudah berkunjung
Password ganyang-angkara.blogspot.com

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*