Kontrol Led Via Wifi Menggunakan ESP8266

selamat datang sobat blogger, semoga Allah selalu memberikan kesehatan sobat blogger untuk terus beribadah dan belajar, kali ini saya akan membagikan hasil dari coba-coba, menggunakan modul wifi esp8266 v12, tetapi yang saya pakai adalah board nodemcu v1, merupakan modul esp8266 v12 yang sudah include regulator dan usb serialnya. esp8266 v12 merupakan modul wifi yang sudah terdapat mikrokontrolerya jadi tidak membutuhkan mikrokontroler lagi sebagai pengontrolnya, mempunyai kecepatan clocknya 80 MHz lebih cepat di bandinkan mikrokontroler biasa, dan mempunyai kapasitas yang lebih besar yaitu 4M, informasi tersebut merupakan informasi yang saya ingat jika salah saya mohon maaf, untuk lebih jelasnya lagi bisa di cari di google, oh iya ada satu lagi kelebihan wifi ini, dapat di akses lebih dari satu device, beda halnya menggunakan bluetooth hanya dapat di akses satu device.
nodemcu v2

dan untuk modul wifi esp8266 v12 mempunyai beberapa kekurangan, salah satu kekurangannya yaitu, pin i/o yang sedikit, so bijak untuk menggunakannya, dan esp8266 mempunyai compilernya sendiri, namun untuk kali ini saya menggunakan software arduino untuk memprogrammnya, esp8266 sudah compatible dengan software arduino, sebelumnya memerlukan sedikit settingan agar bisa compatible dengan software arduino. hal pertama yang harus di lakukan adalah mendownload board esp8266, lihat pos arduino menggunakan atmega16, dan lakukan sesuai urutan, di bawah ini merupakan alamat Additional Boards Manager URLs untuk esp8266,

http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json



setelah di install, akan ada berbagai jenis board esp8266 dan saya menggunakan board nodemcu v1, modul ini dapat di gunakan untuk berbagai macam pengaplikasian, seperti web server, web client, dll. dalam percobaan kali ini saya menggunakan komunikasi UDP untuk komunikasi antara nodemcu v1 dengan android, apa itu udp, yaa bisa di cari di google, gak paham juga apa itu udp, asal pake aja yang penting bisa.hehe salah satu kekurangan dalam menggunakan komunikasi udp ini adalah data dapat lost, artinya data yang dikirim dari device pertama ke device kedua dapat lost/tidak di terima device kedua, namun untuk percobaan awal komunikasi ini yang agak mudah untuk dipakai dan diprogram.

cara ini sebenarnya saya ambil dari The Arduino and Me (ESP8266 Send / Receive Binary Data using UDP) - https://thearduinoandme.wordpress.com/tutorials/esp8266-send-receive-binary-data/ dan seperti kata guru smk saya, untuk hal pertama dalam belajar kita harus ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), setelah saya memodifikasi dan membuat aplikasi androidnya, ternyata berhasil, tetapi mungkin masih ada beberapa bug, dan berikut hasil percobaan saya


karena ini dasar jadi saya buat hanya 4 led saja.hehe cara ini juga perah saya lakukan dengan menggunakan arduino uno dan ethernet shield, untuk menghubungkan dari android ke nodemcu harus memasukan ip address dan portnya pada aplikasi android, yaa cukup sederhana, namun memuaskan, dan dari hal yang sederhana dapat menciptakan hal yang lebih besar lagi, hal ini dapat di aplikasikan pada smart home.

dalam percobaan ini saya sudah tes menggunakan 2 smartphone, dan berhasil, kedua smartphone dapat mengontrol led dalam waktu bersamaan (maksudnya waktu bersamaan, sama-sama terhubung ke modul wifi)

galaxy tab 2 gt-p3100 dengan versi android 4.1.2
galaxy grand prime sm-g530h dengan versi android 4.4.4



Download
http://adf.ly/1aPtKJ
http://adf.ly/1aPtTd
Password ganyang-angkara.blogspot.com

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*