Monitoring Suhu dan Kelembapan Menggunakan Sensor DHT11 dan ESP8266 (Via Internet)

Selamat datang kembali sobat blogger, semoga masih setia dengan blog ini, baru sempat bikin tutorial lagi nih, maklum kalo habis lulus kuliah/sekolah, banyak yang harus di bereskan untuk berkas-berkas ijazah dll, kali ini saya akan memposting tentang esp8266 dan mungkin terbilang mainstream, namun menurut saya, walaupun terbilang mainstream tetep saya posting, siapa tau suatu saat nanti saya membutuhkan jadi ada dokumentasinya dan tentunya untuk berbagi kepada sobat blogger, seperti biasa blog ini tidak menjelaskan secara rinci step by step pembuatannya, hanya point-point pentingnya saja, so cekidot..

postingan kali ini akan membuat seperti yang dapat dilihat pada judul, penekanan judul pada "via internet" jadi data dikirim dari esp8266 ke hosting pada internet dan di tampilkan dalam bentuk web, dari pada membayangkan gimana jadinya, berikut gambar dari yang saya buat sebelumnya


pada gambar di atas, terdapat tampilan temperature dan humidity, karena sensor yang di gunakan hanya dht11 dimana sensor tersebut dapat mengukur suhu dan kelembapan, dalam menghubungkan modul dht11 ke esp8266 harus berhati-hati, pada percobaan yang saya lakukan, power yang di hub ke dht11 yaitu 3v3


hal pertama yang harus di siapkan adalah :
1. berdoa (biar berkah)
2. software arduino
3. esp8266 (saya menggunakan Nodemcu v1)  
4. modul dht11
5. web server (hosting dan domain, saya menggunakan akun gratis, daftar di idhostinger)
6. mifi (ada paket internet)

setelah semua di siapkan, buat database pada hosting/domain, berikut field yang di butuhkan :


setelah database di buat, buat/masukan source code php untuk tampilan webnya, (file php dapat di download pada akhir postingan ini)

setelah selesai, hubungkan modul dht11 dengan esp8266 (pin yang di gunakan dapat di lihat di source code), upload program esp8266, (file dapat di download pada akhir postingan ini)

selanjutnya lihat pada web yang tadi sudah di buat, pada web tersebut akan menampilkan suhu dan kelembapan berdasarkan data dht11 yang dikirim esp8266.

sekian postingan kali ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan terimakasih sudah berkunjung

Download http://ouo.io/oJoCu3

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*