Kontrol LED Arduino Ethernet Shield (Server) + Esp8266 (Client)

Selamat datang kembali sobat blogger, alhamdulillah sekarang saya sudah bekerja, jadi maaf nih jarang update, tapi saya akan berusaha tetap terus berbagi dengan sobat-sobat blogger, yaaa di kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit mengenai arduino ethernet shield dan esp8266, loh kok ada arduino dan esp8266, biasanya hanya menggunakan salah satunya saja ? yaa mungkin beberapa pertanyaan yang muncul dari sobat blogger, saya juga baru kepikiran membuatnya ketika ada sobat blogger yang menanyakan bisa atau tidak menggunakan 2 esp8266 dan karena saya belum mencobanya saya menjawab saya rasa bisa, yaa berhubungan saya hanya punya satu esp8266 dan ethernet shield jadi saya gunakan saja, postingan ini hampir sama dengan Arduino Ethernet Shield Kontrol Led Menggunakan Android (UDP), hanya saja ini menggunakan esp8266 sebagai remotenya, dan ini masih sebatas jaringan lokal, di lain kesempatan saya akan buat yang via internet jadi bisa jarak jauh.

dalam percobaan ini yang harus di siapkan adalah :
1. baca doa biar berkah dan lancar.
2. cemilan dan kopi hangat, kalau terjadi stak biar tidak telalu stres hehe 
3. arduino uno dan ethernet shield  + kabel lan
4. modul led (resistor + led)
5. esp8266 (nodemcu v2)
6. modul tombol (resistor + tombol)
7. router

hal yang harus di lakukan selanjutnya yaitu, hubungkan ethernet shield dengan arduino uno, hubungkan modul led pada arduino uno (led di pasang aktif high, pin sesuaikan dengan program), program dapat di download setelah postingan ini, hubungkan kabel lan ke router, lalu upload program arduino, 



setelah itu lanjut ke modul esp8266 (nodemcu v2), hubungkan modul tombol ke esp8266 (tombol di pasang aktif low dan pull up 3v3, pin untuk tombol sesuaikan dengan program), program dapat di download setelah postingan ini, upload program esp8266

setelah keduanya di program lalu pencet modul tombol + esp8266 dan lihat perubahan led pada arduino ethernet shield,

 berikut hasil percobaan yang saya lakukan


pada percobaan ini program ethernet shield sudah include dengan program sebelumnya yaitu mengontrol led menggunakan android, jadi bisa di remote menggunakan esp8266 atau android

sekian postingan kali ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan terimakasih sudah berkunjung



Download http://ouo.io/9IFtTC

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*