Kontrol LED Melalui Internet Menggunakan ESP8266 Dan Android (IOT)

selamat pagi sahabat blogger, di hari yang cerah ini saya akan berbagi hal yang sudah saya buat yaitu mengenai IOT, walau pada dasarnya saya sendiri masih dalam tahap belajar, oleh karena itu semoga sahabat blogger dapat mengembangkan apa yang saya posting ini, dan mau berbagi kembali dengan saya.

postingan kali ini mengenai kontrol led melalui smartphone, tidak sepeti biasanya menggunakan bluetooth atau jaringan local, tapi melalui internet, oleh karena itu hal ini mungkin bisa di sebut IOT (Internet Of Things). 

dalam hal ini yang perlu di siapkan adalah
1. seperti biasa berdoa sebelum melakukan aktifitas, :D
2. nodemcu v1 (ESP8266)
3. LED
4. smartphone 
5. software B4a
6. web server (anda dapat menggunakan web server gratis, banyak situs-situs yang memberikan domain dan hosting gratis, untuk web server yang saya gunakan adalah web server idhostinger)



bagi sahabat blogger yang tidak mempunyai nodemcu tetapi sudah mempunyai ethernet shield jangan khawatir, karena hal tersebut juga dapat dilakukan selama ethernet shield tersebut dapat terhubung ke internet.

berikut konsep dari percobaan yang saya lakukan



dari smartphone android mengirim dan mengambil informasi ke web server, dan nodemcu mengambil informasi dari web server dan mengirim kembali ke web server

langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuat web server, dan saya tidak menjelaskan secara rinci pembuatan web server, hanya point-pointnya saja yang saya berikan

membuat database



membuat file PHP (upload file php), file php dapat di download setelah postingan kali ini

wiring nodemcu, untuk keterangan lebih lanjut pin out pada nodemcu terdapat di source code yang nanti dapat di download setelah postingan kali ini


lalu program nodemcu dan smartphone, *jika di jabarkan dari awal akan sangat panjang, oleh karena itu sudah disediakan source code jadinya,

berikut screenshoot aplikasi yang saya buat dari b4a


Status Led Arduino merupakan status yang ada pada arduino/nodemcu (monitoring) hal ini untuk mengetahui apakah ada respone dari arduino atau tidak, 
Status Server merupakan status yang di dapat dari database web server, hal ini untuk mengetahui, apakah ketika menekan tombol, data sudah masuk ke database web server atau belum.
Synchronize With Server, untuk mengsingkronisasikan Status Server dengan Smartphone android

dan berikut video dari hasil percobaan yang saya lakukan


dalam video diatas masih terdapat delay dalam eksekusinya, hal ini bisa dikarenakan jaringan internet yang kurang stabil, mungkin masih terdapat bug dalam aplikasi androidnya, jika berkenan sobat blogger bisa mengeksplore dan mau berbagi dengan saya kembali.

sekian postingan kali ini, semoga selalu semangat untuk belajar, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan terimakasih sudah berkunjung



Download http://ouo.io/SE7F3i

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*