Smart Home V1

selamat datang kembali sobat blogger, semoga hari ini hari yang baik untuk belajar dan bereksperimen, hari ini saya ingin membuat seperti judul postingan diatas, hmmm mungkin sedikit berlebihan dengan judul tersebut, Smart Home, karena pada dasarnya hanya mengontrol led saja hehehe, tapi menurut saya itu tidak jadi masalah, menyalakan dan mematikan led, karena pada dasarnya output dapat di ganti sesuai dengan keinginan, seperti lampu bohlan/sejenisnya yang di hubungkan dengan modul relay, atau kipas, pompa air dan sebagainya, jadi hal yang saya lakukan ini hanya sebatas simulasi, dan dapat di terapkan jika anda mempunyai uang untuk membeli modul

hal yang dibutuhkan untuk membuat percobaan kali ini adalah
1. jangan lupa berdoa
2. segelas kopi panas, biar fresh hehe
3. arduino uno + ethernet shield + modul led (led biasa menggunakan project board juga bisa diguanakan, dan led yang saya gunakan aktif low)
4. komputer/laptop (sudah ada aplikasi vb6)
5. hp android
6. kabel lan dan router
mungkin beberapa dari agan ada yang bertanya-tanya, mengapa menggunakan ethernet shield/router, bukan menggunakan bluetooth saja, pada dasarnya bluetooth hanya satu arah saja, antara satu device master/server dan satu device slave/client (jika sudah terhubung) jadi device lain tidak dapat berkomunikasi dengan master/server hingga komunikasi sebelumnya terputus, tetapi berbeda halnya dengan ethernet shield/router, dia dapat berkomunikasi berbagai arah, maksudnya lebih dari satu device (saya baru mencoba 2 device client/slave),

komunikasi/protokol yang digunakan adalah UDP, karena menrut saya komunikasi/protokol tersebut lebih ampuh (tepatnya saya baru bisa menggunakan itu.hehe), kalau tidak salah ada dua komunikasi yang dapat digunakan yaitu TCP/IP dan UDP, keduanya memliki kelebihan dan kekurangan, dan yang simpel digunakan yaitu UDP, (mohon maaf, di blog ini tidak banyak menjelaskan source code secara mendetail, hanya menyediakan source codenya saja)


dan berikut dari hasil percobaan yang saya lakukan


pada video di atas, aplikasi android belum ada indikator, mungkin sobat blogger bisa menambahkan sendiri, pada saat pembuatan video saya sedikit tidak mood memberikan indikator hehe

aplikasi yang di gunakan pada laptop, adalah aplikasi yang di buat dari vb6 dengan ditambahkan gambar denah rumah, (denah rumah saya ambil dari, http://arsitektur-rumah-sederhana.blogspot.co.id/2013/07/design-arsitektur-denah-2d-rumah.html, sebelumnya mohon maaf tanpa bilang-bilang saya copas, dan saya berterima kasih atas gambarnya)

sekian postingan kali ini, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan dan terimakasih sudah berkunjung

Download http://ouo.io/V06V0X

semoga bermanfaat bagi agan-agan,
semoga berhasil mencobanya..

*..sesama blogger harus saling menghargai, jika agan-agan ingin mengcopas harap cantumkan alamat urlnya, Terimakasih..*